Cara Mengatasi Lovebird Ngeruji dan Enggan Berkicau

Tunggu sampai 100%
Generate Link Akan Muncul
Selain sebagai burung yang dikoleksi karena kecantikan bulu dan kemerduan suaranya, burung lovebird juga sering dijagokan dalam ajang lomba kicauan burung. Suaranya yang khas dan merdu tersebut tidak kalah dengan burung-burung lain yang sering dilombakan.

Namun, sangat disayangkan jika lovebird mengalami ngeruji yaitu sebuah perilaku dimana sang burung sering menggigit jeruji sangkar dan enggan berkicau. Jika lovebird dilombakan dalam keadaan masih ngeruji, maka jangan harap ia akan menang.

Lovebird Ngeruji dan Enggan Berkicau


Si cantik lovebird akan terus menempel pada dinding sangkarnya dan enggan untuk bertengger di tangkringan yang telah disediakan. Lantas bagaimanakah cara mengatasi lovebird ngeruji? Penting diketahui dahulu beberapa penyebab dan solusi yang bisa dilakukan agar lovebird berhenti bersikap semacam itu. Ulasan di bawah akan menjaskan secara detail tentang hal tersebut.

Sekilas Cara Mengatasi Lovebird Ngeruji di Arena Perlombaan

Lovebird yang sedang ngeruji sangat mustahil untuk menang di arena lomba kicau burung. Jangankan untuk mengeluarkan suara ngekek dan membalas kicauan peserta burung yang lain, turun ke lapangan saja pasti enggan. Selengkapnya artikel tentang Lovebird ngekek saat lomba.

 Terlebih ketika lawan mainnya ternyata lawan jenis dan si lovebird sedang over birahi, dijamin ia akan tetap nangkring dan tidak mau bersuara. Hal ini disebabkan oleh birahi sang burung cinta yang sedang memuncak tetapi belum tersalurkan. Oleh karena itu, lakukan beberapa hal di bawah ini sebagai cara mengatasi lovebird ngeruji di sangkar terutama saat lomba.

Cara pertama untuk mengurangi over birahi pada burung lovebird adalah dengan mengurangi asupan gizi protein. Kandungan protein biasanya diperoleh dari sayuran dan biji-bijian seperti kangkung, jagung muda, kwaci, tauge, dan sawi.

Cukup berikan makanan pokok saja yaitu milllet putih dengan air selama beberapa minggu menjelang lomba. Cara mengatasi lovebird ngeruji saat lomba dengan membatasi pola makan ini cukup efektif untuk menurunkan birahi sang burung. Jika uasaha ini telah membuahkan hasil, maka Anda dapat menambahkan sedikit asupan protein berupa jagung muda dengan porsi sekali saja dalam seminggu.

Ketika usaha pengurangan kadar protein pada pakan ternyata kurang berhasil, maka solusi lain yang bisa dilakukan oleh para breederadalah dengan mengawinkannya dengan lawan jenis yang sama-sama telah menginjak dewasa.

Jika sang burung ternyata tidak tertarik pada pasangan yang Anda berikan, maka cobalah diletakkan pada kandang umbaran yang di dalamnya terletak lebih dari satu burung agar ia bisa memilih sendiri. Lovebird yang tergolong dewasa adalah ketika usianya telah menginjak angka 8 bulan. Melalui penyaluran birahi pada pasangannya tersebut, maka perilaku ngeruji bisa sedikit demi sedikit berkurang.  

Selain karena birahi yang tak tersalurkan, faktor pemicu lain yang menyebabkan lovebird sibuk ngeruji ialah posisi tangkringan yang kurang disukai atau hanya berjumlah sebatang saja. Pada kondisi seperti ini, si burung lebih memilih nangkring di sangkar daripada di atas tangkringan yang telah disediakan.

Jadi, cara mengatasi burung lovebird ngeruji karena alasan yang disebutkan tadi ialah dengan menambahkan jumlah tangkringan menjadi 2 buah ataupun lebih. Selain itu, Anda juga bisa merubah posisi kayu tangkringan menjadi berbentuk silang ataupun sejajar dan berdampingan. 

Demikian sekilas ulasan tentang cara-cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi loverbird, sang burung cinta, yang suka merambati sangkarnya dan enggan mengeluarkan suara merdunya. Selamat mencoba dan jadilah seorang breeder sejati yang mampu memahami kondisi burung kesayangannya.



Sumber gambar : www.pixabay.com


Geser Keatas Sedikit
Powered by Blogger