Lovebird Biola

Tunggu sampai 100%
Generate Link Akan Muncul
Lovebird biola dikenal sebagai Opaline fischery di Love Bird Ring Eye dan Mempunyai penentu jenis kelamin ( Sex-Linked) serta genetik Resesif. Fischery adalah diambil dari penemu jenis lovebird ini, yaitu Gustav Fischer yang berasal dari Jerman.

lovebird biola
Lovebird Biola


Pengertian Lovebird Biola

Lovebird Fischer (Agapornis fischeri, sinonim Agapornis personata fischeri) adalah spesies burung dalam Famili Bayan adalah Penentu Kelamin (Sex-Liked) artinya jenis kelamin dan mutasi warnanya pada keturunannnya dapat ditentukan.

Adapun Ciri-ciri khusus dari lovebird fischer ini adalah bulu rum yang berwarna sama dengan warna bulu punggung dan Sex-Linked. Jika selama ini banyak perdebatan masalah warna rum dan ekor yang menjadi jawaban apakah burung tersebut biola adalah Penentu kelamin.

untuk mengetahui jenis-jenis lovebird yang lain bisa di baca di artikel ini

Distribusi Hidup Lovebird biola

Jenis ini aslinya banyak di temukan di  daerah kecil Afrika Timur, Afrika Selatan dan Tenggara Danau Victoria di dataran tinggi pedalaman Utara Negara Tanzania. Dikarenakan membutuhkan suhu lembab dan tidak begitu kering, beberapa burung pindah menuju arah Barat tepatnya ke Rwanda dan Burundi untuk mendapatkan kondisi lembab.

Saat ini Di penangkaran, mereka mudah untuk di ternakkan dan berkembang biak dengan bebas. Mereka dapat berkembang biak di koloni besar. Mereka awalnya ditemukan pada akhir 1800-an, dan dibiakkan pertama di Amerika Serikat pada tahun 1926.

Lovebird Fischer (Agapornis fischeri atau Agapornis personata fischeri)
Lovebird biola Betina adalah burung dengan beberapa ciri sebagai berikut berbentuk kecil, dengan ukuran sekitar 14-15 cm panjangnya  dan memiliki berat 42-58 g berat. Lovebird jenis ini memiliki warna hijau di punggung, dada dan sayap, leher mereka berwarna kuning dan dan oranye gelap sampai ke atas kepala. Bagian atas kepala berwarna zaitun hijau, dan paruh berwarna merah cerah.

Dari atas permukaan ekor memiliki beberapa bulu-bulu ungu atau biru. Lovebird fischeri memiliki lingkaran putih di sekitar matanya. Burung muda sangat mirip dengan lovebird dewasa, warna mereka cenderung kusam dan paruhnya berwarna cokelat.

Lovebird Fischer's datang dalam berbagai warna mutasi, termasuk: Albino, Pied, hitam atau gelap bermata putih, encer biru, encer kuning, Lutino dan kayu manis.
Persilangan antara lovebird biola dan lovebird bertopeng (dakori)  bisa dilakukan di penangkaran dan juga dapat terjadi di populasi liar. Hasilnya adalah Warna cokelat kemerahan pada kepala dan orange pada dada bagian atas mereka, hal itu sangat menyerupai Lovebird Dakori (dakocan original).

Karena Biola adalah jenis Opaline Fischery sebaiknya juga mendapatkan pasangan jenis Fischery. Jika di silangkan dengan beda jenis akan menghasilkan anak persilangan. Persilangan bisa dilakukan jika ingin mencetak jenis Personata, BC atau Nyasa.

Detail Lovebird biola

Lovebird ini terkenal sebagai burung peliharaan yang tampan dan suka bermain, memiliki sifat trengginas. Burung jenis ini juga dikenal ramah
Ada banyak penggemar burung lovebird fischery yang melaporkan bahwa lovebird jenis ini adalah yang paling penuh kasih di antara mereka. Ketika menjadi pertimbangan dalam memelihara burung, tingkat sosialisasi dan kesesuaian dapat dalam berbagai kasus dapat mengamati lovebird ini.

Beberapa ketakutan orang terhadap lovebird adalah karena takut, terlalu bergairah, agresifitas burungnya yang luar biasa? Untuk Takut, lovebird kadang-kadang dapat disosialisasikan dan berubah menjadi hewan peliharaan yang baik. Ketika lovebird senewen, maka burung ini akan membutuhkan waktu yang lebih lama dan usaha yang lebih maksimal agar menjadi burung peliharaan yang baik.

Agresif jelas bukan tanda yang baik untuk memulai memelihara burung ini, akan tetapi kita harus tahu bahwa setiap burung akan mencari perhatian dari kita. Memahami bahasa tubuh burung adalah cara yang baik untuk menghindari gigitan dan agresifitasnya.

Terakhir tetapi tidak kaling penting, setiap burung ini membutuhkan waktu untuk terlibat dalam ikatan kasih sayang dengan Anda sebagai pemiliknya sebelum benar-benar menjadi jinak.

Apabila dibandingkan dengan burung lain, lovebird biola relatif tenang, mudah untuk dipelihara di sangkar dalam rumah. Lovebird ini memiliki kepribadian kalem, energi yang tidak terbatas dan sifatnya menyenangkan.

Jika mereka dirawat dengan benar, umur mereka mencapai kisaran 15 hingga 20 tahun. Bahkan beberapa burung jenis ini mampu hidup selama 30 tahun.

Lovebird Biola Hybrid

Lovebird biola atau Fischer adalah burung peliharaan yang pandai bersolek

Lovebird cukup mudah untuk dirawat bagi kebanyakan penggemar burung. Mereka tidak merusak dan memiliki suara bising sebagai sepupu mereka yang lebih besar. Jika tidak benar disosialisasikan, namun, mereka akan menemukan paruh mereka sebagai metode "mendisiplinkan kita".

Beberapa hal yang bisa dipertimbangkan terkait burung ini agar kita dapat belajar terhadap perilaku mereka adalah,

Menggigit, Jika mereka tidak benar-benar disosialisasikan, namun, mereka akan menemukan paruh mereka sebagai metode "mendisiplinkan kita". Mereka bisa sangat agresif terhadap binatang lain (termasuk burung), jika kita tidak tahu perilaku mereka, terkadang akan cemburu dan mencari perhatian dari pemelihara mereka.

Tingkat kebisingan, Lovebird merupakan burung yang yang sangat vokal, mereka bisa membuat suara keras, bernada tinggi yang dapat menjadi gangguan. Lovebird fischery akan membuat kebisingan sepanjang hari, meskipun tidak sepanjang waktu, akan tetapi pada waktu-waktu tertentu setiap hari.

Mengunyah atau meruji, Sebagaimana dinyatakan di atas, lovebird juga sangat aktif, dan sangat suka untuk mengunyah sesuatu. Ketika mereka membiarkan keluar dari kandang mereka, akan bijaksana untuk menonton mereka dengan hati-hati, dan melindungi setiap furnitur, kabel listrik, atau apa pun yang dapat mereka kunyah (menggigitnya).  

Kertas, ini adalah barang yang sangat disukainya. Mereka suka merobek kertas, terlebih ketika dalam masa birahi. Baca juga artikel tentang mengatasi lovebird over birahi.

Pemeliharaan Lovebird biola

Lovebird biola dapat mulai berkembang biak ketika mereka memasuki usia sepuluh bulan dan terus berkembang biak sampai usia lima sampai enam tahun. Mereka sangat produktif dan dapat menghasilkan banyak telur dalam satu tahun. Karena ini, mereka biasanya tersedia di pasar burung dengan jumlah yang cukup banyak.

Selama musim kawin perilaku lovebird akan berubah. Jenis jantan menampilkan perilaku yang lebih agresif, dan mereka akan mulai menyiapkan sarang. Dipasaran juga tersedia sarang berbentuk kotak untuk burung lovebird ukuran tertentu, ini memudahkan peternak untuk mulai mengembangbiakkannya.

Sementara itu sang Betina ikut membangun sarang dan akan mulai bertelur tiga sampai 6 biji. Dia akan mengerami telur itu selama sekitar dua puluh tiga hari untuk kemudian menetas. Anaknya (tukik) akan dirawat oleh sang betina sampai mereka meninggalkan sarang pada sekitar usia enam pekan. Kemudian Lovebird biola jantan akan mengambil alih pemberian makan selama dua pekan atau lebih sampai mereka dapat terbang.

Untuk makanan, Lovebird biola harus diberi benih campuran yang berkualitas baik, selain memberikan mereka dengan buah dan sayuran. Dianjurkan untuk melengkapi makanan mereka dengan vitamin dan mineral.
Geser Keatas Sedikit


Powered by Blogger