Cara Mengatasi Dan Menjinakan Lovebird Yang Galak, Giras Dan Nakal

Tunggu sampai 100%
Generate Link Akan Muncul
Cara Mengatasi Dan Menjinakan Lovebird Yang Galak, Giras Dan Nakal - Saat ini burung lovebird  atau burung cinta merupakan salah satu komoditi burung peliharaan paling favorit banyak orang. Ini dikarenakan burung lovebird memiliki suara yang ramai dan indah, warna bulunya yang warna-warni, bentuknya yang unik dan tingkah lakunya yang lucu serta menggemaskan.

Cara Mengatasi dan Menjinakkan Lovebird Galak


Selain itu, beternak lovebird ini jika ditekuni secara baik bisa menjadi ladang penghasilan tambahan bagi pemiliknya. Burung lovebird ketika kita rawat secara benar, bisa menjadi usaha sampingan atau bahkan usahakecil kecilan yang memiliki keuntungan cukup besar di kemudian hari.

Selain itu, trend memelihara burung mungil ini mewabah di seluruh penjuru Indonesia, dikarenakan ramainya setiap daerah-daerah dengan beberapa macam perlombaan. Entah itu perlombaan resmi,, atau hanya lomba yang diselenggarakan dalam bentuk latihan bersama (latber burung lovebird)

Dengan banyaknya nilai positif dari burung lovebird yang ada diatas. Akan tetapi ada juga beberapa hal yang menjadi tantangan para peternak burung cinta ini, selain keasyikannya ada sebuah tantangan merawat lovebird yang bisa dibilang tidak mudah.

Nah, beberapa hal yang membutuhkan perlakuan khusus dan menjadi tantangan itu adalah apabila kita menemukan bibit burung lovebird yang galak, giras dan nakal. Ketika kita menemukan burung lovebird yang seperti itu, kita harus paham cara mengatasi dan menjinakkan lovebird yang galak, giras dan nakal itu, agar kemudian lovebird itu menjadi burung peliharaan yang baik dan mengasikkan bagi kita. Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut :

Cara mengatasi lovebird galak secara mudah

Mengatasi burung lovebird yang galak (jarah: dalam bahasa Jawa) bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Salah satu cara yang sangat mujarab untuk menjinakkan burung lovebird adalah dengan banyak berinteraksi dengan burung cinta itu sedari dari kecil (anakan).

Cara ini sangat mudah dan mungkin untuk dilakukan oleh para breeder (peternak) lovebird. Meskipun memerlukan waktu yang lebih lama untuk melihat hasil jerih payahnya, tetapi pada kenyataannya burung lovebird itu memang memerlukan pantauan secara kontinyu.

Selain dengan interaksi yang intens dan banyak, burung lovebird yang galak bisa dijinakkan dengan mengajak burung tersebut keluar dari kandangnya. Yang perlu diingat, jangan sampai melepasnya langsung ya, kalau begini bukan untung tetapi malah nahas karena burung kita terbang bebas. Nah, caranya adalah dengan memasangkan rantai pada kaki burung ini dan kaitkan dengan pergelangan tangan kita, atau di kaitkan dengan sangkarnya.

Cara mengatasi lovebird nakal yang ampuh dan terbukti berhasil

Cara mengatasi burung lovebird nakal bisa kita lakukan dengan keluar dari pakem yang semestinya. Untuk mengatasi lovebird yang nakal secara ampuh dan terbukti berhasil, selain dengan memperbanyak hubungan fisik antara breeder dengan burung peliharaan, dalam hal ini lovebird. Kita juga harus sering membiasakan burung tersebut untuk tidak banyak makan.

Mengurangi jatah makan burung lovebird bisa dikatakan sebagai terapi yang cukup keras.  Tetapi terapi ini sangat mungkin bisa dilakukan untuk menjinakkan burung peliharaan kesayangan kita itu. Jatah makan burung lovebird yang biasanya 3 kali sehari, bisa kita kurangi menjadi hanya dua kali per harinya.

Kita bisa memberikan makan pada sang burung pada waktu tertentu, seperti contohnya jam 7 dan jam 9, dimana pada saat itu, burung sedang berada pada posisi aktifnya. Dengan berkurangnya jatah makan, diharapkan dapat membuat burung lovebird menjadi tenang dan tidak nakal secara berlebihan.

Cara menjinakan lovebird yang giras

Lovebird yang giras adalah anugerah. Akan tetapi kalau girasnya berlebihan bisa jadi menjadi masalah. Betul bukan? Nah, cara menjinakkan lovebird yang giras sebenarnya sama saja dengan mengatasi lovebird yang galak dan nakal di atas.

Meminimalisir jatah makan lovebird yang giras bisa menjadi salah satu cara lain yang bisa diandalkan untuk menenangkan sang burung agar semakin hari semakin jinak dan tututt. Selain itu, kontak fisik secara rutin antara breeder dan burung menjadi salah satu senjata andalan untuk kita, agar bisa menjinakkan sang lovebird peliharaan.

Mungkin, beberapa kali gigitan pada jari dan tangan anda akan terjadi seiring dengan seringnya anda melakukan kontak fisik  dan PDKT dengan lovebird tersebut, tetapi semakin lama burung lovebird akan semakin jinak dan baik lagi dalam menenangkan dirinya yang giras berlebihan itu.


Demikian artikel tentang mengatasi dan menjinakkan lovebird yang galak, giras dan nakal ini. Semoga bermanfaat.
Geser Keatas Sedikit



Powered by Blogger