Lovebird Dakori Grade A

Tunggu sampai 100%
Generate Link Akan Muncul
Lovebird dakori, adalah singkatan dari dakocan original. Dakocan adalah sebutan untuk burung lovebird yang memiliki topeng hitam, atau istilahnya memiliki kepala hitam di bagian tubuhnya. Original adalah padanan yang ditambahkan untuk memopulerkan namanya.

Lovebird Dakori

Habitat dan distribusi Lovebird Dakori

Lovebird dakori grade A, atau lovebird yang memiliki topeng hitam atau kuning-berkerah (Agapornis personatus) berkualitas terbaik, memiliki tubuh yang kecil dan gempal seperti beo Afrika. Merupakan burung yang awal mulanya berasal dari pedalaman dataran tinggi Utara dan tengah Tanzania. Beberapa kawanan lainnya dapat juga ditemukan di Kenya Utara-Timur dan di daerah pesisir Tanzania.

Lovebird dakori, atau lovebird bertopeng ini ditemukan pada akhir 1800, akan tetapi tidak diimpor sampai tahun 1920-an. Mutasi biru juga terjadi di alam liar dikarenakan percampuran beberapa kelompok burung ini, dan menjadi hewan impor setelah diketahui akan menjadi primadona burung peliharaan.

Burung Sejoli ini adalah makhluk sosial yang membentuk koloni kecil dan bersarang di alam liar. Apabila hidup di penangkaran, mereka akan lakukan yang terbaik dalam suasana aviary. Biasanya mereka merasa tidak puas dalam situasi kurungan tersendiri. Karena mereka membutuhkan banyak perhatian manusia dan atau pasangannya.

Lovebird bertopeng hitam, dan beberapa variasi warna topeng yang telah dihasilkan di penangkaran, sangat populer di pasar burung. Dan hal ini menjadikannya sebagai burung yang populer di pelihara di Amerika dan Eropa. Lovebird bertopeng sering diberi warna sesuai tubuh mereka, seperti  lovebird bertopeng hijau, lovebir bertopeng biru, lovebird bertopeng ungu, dan lain sebagainya.

baca juga : Lovebird Biola


Mutasi Lovebird bertopeng biru dan hitam

Lovebird dakori, rata-rata memiliki panjang tubuh 6 inci atau 14.5 cm. Lovebird bertopeng alami memiliki warna hijau di bagian tubuh. Sebagian besar kepalanya berwarna hitam dan warna bulu yang berwarna hijau dengan kerah kuning. Namun, mutasi-mutasi lain--khususnya biru dan kuning--telah banyak dihasilkan di penangkaran.

Ciri ciri umum dari lovebird dakocan jantan dan betina hampir mirip dalam penampilannya. Untuk ukuran kepala jantan biasanya lebih besar daripada betinanya. Adapun bulu bulu lovebird dewasa akan terdistribusi normal dari kepala berwarna hitam alami, tubuh kekuning hijauan, hingga ekornya berwarna keabu biru. Untuk dewasa, sayap nya berwarna abu-abu biru, di atas sayap berwarna hijau gelap.

Dahi dan lores (daerah antara mata sisi kepala burung), pipi dan bagian sisi itu berwarna hitam coklat. Sementara Bagian belakang kepala berwarna zaitun. Bagian Ekor berwarna hijau dan bulu ekor luar beringsut dengan warna dominan oranye-kuning.
Warna mata cincin putih mengelilingi kedua mata. Iris berwarna coklat. Paruh berwarna merah terang dan kaki abu-abu

Persilangan antara lovebird biola dan lovebird dakori selain di penangkaran buatan, juga umum terjadi pada populasi liar. Warna persilangan cokelat kemerahan pada kepala dan orange pada dada bagian atas, tetapi sebaliknya menyerupai Lovebird bertopeng.

Selain warna hijau yang normal terjadi, ada beberapa mutasi mencolok yang sering kita jumpai, biru-lutino (disebut sebagai "lovebird bertopeng biru”, biru yang menggambarkan warna tubuh, daripada warna masker. Topeng hitam - seperti di warna hijau normal).

Pembiakan Lovebird Dakori

Lovebird yang bertopeng, juga disebut sebagai "Cincin mata" oleh banyak peternak, adalah penghuni peternakan yang memiliki suara sangat bagus dan menyenangkan. Mereka memiliki keingin tahuan yang tinggi dibandingkan jenis lovebird yang lain, sepanjang pengetahuan saya. Lovebird dakorii ini berkembang biak dengan bebas di koloni.

Jenis burung lovebird dakori ini dalam mengembangbiakannya dirumah, perlu dipertimbangkan kondisi lingkungan sekitarnya. Jangan sampai kebisingannya menjadi masalah, dan mengganggu tetangga terdekat anda. Ketika ini sudah mengganggu, sebaiknya anda pindahkan ke tempat peternakan yang jauh dari lokasi rumah anda.

Burung ini mudah untuk dirawat dan berkembangbiak dengan baik. sehingga di penangkaran banyak dihasilkan warna-warna lain yang menarik.

Selain itu Lovebird dakori original grade A cukup populer sebagai pendamping burung. Mereka ramah, akan tetapi membutuhkan mitra atau teman untuk kehidupannya. 

Terkadang, pasangan atau mitra burung jenis ini terlihat menyuapi satu sama lain, dan ini adalah hal yang menawan dan menyenangkan untuk dilihat.

Untuk perawatan lanjutan, Lovebird dakocan original harus diberi pakan yang berkualitas yaitu benih campuran, selain memberikan mereka dengan buah dan sayuran. Dianjurkan juga untuk melengkapi makanan mereka dengan vitamin dan mineral. Untuk vitamin burung, banyak tersedia di toko-toko peternakan langganan disekitar anda.
Geser Keatas Sedikit
Powered by Blogger